Cegah Munculnya Stretchmark dengan Stretchmark Cream dari Rintik Skincare

Rintik Skincare - Stretchmark Cream
Rintik Skincare - Stretchmark Cream

Pada dasarnya, kemunculan stretchmark di badan merupakan hal wajar. Akan tetapi, streatchmark juga bisa mempengaruhi kepercayaan diri kita apalagi untuk para wanita yang sudah berumah tangga.

Stretchmark muncul akibat peregangan kulit dalam jangka waktu yang cepat melebihi batas kemampuan elastisitas kulit. Biasanya, stretchmark muncul karena terjadi kenaikan berat badan secara drastis termasuk kehamilan, peningkatan kadar hormon kortisol yang diproduksi oleh kelenjar adrenal, atau menurunnya elastisitas kulit.

Stretchmarks | source: https://spamd.net/stretch-marks-causes/
Stretchmarks | source: https://spamd.net/stretch-marks-causes/

Apakah stretchmark bisa dicegah? Munculnya stretchmark tidak selalu dapat dicegah tetapi kita bisa meminimalisir kehadirannya dengan menjaga berat badan agar tetap ideal, menjaga hidrasi kulit dengan banyak minum air putih (kulit yang kering rentan mengalami peregangan), dan mengonsumsi makanan yang bernutrisi. Dalam kasus ibu hamil, kiat-kiat di atas terlebih menjaga berat badan tetap ideal sulit dijangkau karena berat badan terus mengalami kenaikan dan secara otomatis kulit pun ikut meregang. Alternatif lain yang bisa dilakukan adalah menggunakan produk perawatan untuk mengurangi munculnya stretchmark seperti Stretchmark Cream dari Rintik Skincare.


Rintik Skincare - Stretchmark Cream

Rintik Skincare - Stretchmark Cream
Rintik Skincare - Stretchmark Cream

Stretchmark Cream dari Rintik Skincare diformulasikan khusus dan aman untuk Ibu hamil yang sudah teruji secara dermatologi. Kita juga ga perlu khawatir karena produknya tidak mengandung paraben dan sudah terdaftar di BPOM (NA18230105846).

Cream pencegah stretchmark ini hadir dalam kemasan tube bertekstur doff dengan dominasi warna hijau dan kuning pastel berukuran 200ml. Menurutku, packagingnya terbilang besar dan isinya sangat banyak, sesuai untuk penggunaan minimal dua kali dalam sehari. Jadi ngga akan cepat habis, hihi.

Rintik Skincare - Stretchmark Cream
Rintik Skincare - Stretchmark Cream

Di bagian depan kemasan terdapat logo brand, nama produk juga keterangan produk yang dikhususkan untuk ibu hamil, kegunaan, claim, dan ukuran produk.

Rintik Skincare - Stretchmark Cream
Rintik Skincare - Stretchmark Cream

Sementara pada bagian belakang kemasan, kita bisa mendapatkan informasi mengenai cara penggunaan produk, kandungan lengkap, serta barcode untuk scan dan cek registrasi BPOM.

Rintik Skincare - Stretchmark Cream
Rintik Skincare - Stretchmark Cream

Dia juga dilengkapi dengan tutup fliptop yang menyatu dengan kemasan. Aku suka saat kemasannya ditutup ada suara yang ditimbulkan dan cukup keras, bikin kita mantep kalau packagingnya sudah benar-benar tertutup dengan kencang, hehe.


Tekstur, Warna, dan Aroma

Rintik Skincare - Stretchmark Cream
Rintik Skincare - Stretchmark Cream

  • Tekstur: krim lembut, sedikit encer, dan mudah sekali diratakan ke kulit. Dia juga tidak lengket selama pemakaian dan mudah menyerap. Selain melembapkan, finishnya di kulit itu agak basah (terutama saat baru diaplikasikan), licin, dan lembut.
  • Warna: putih
  • Aroma: semerbak wangi tanaman hijau langsung tercium saat pertama kali isi produknya keluar dari tube. Aromanya lembut dan ga bikin eneg.


Manfaat Produk

  1. Memberikan ekstra hidrasi di kulit untuk menjaga keelastisitasan kulit
  2. Melembapkan kulit secara maksimal sehingga jauh dari kulit kering
  3. Membantu meningkatkan elastisitas kulit untuk meminimalisir munculnya stretchmark
  4. Membantu menutrisi kulit jadi lebih sehat
  5. Membantu mengurangi gatal akibat peregangan dan kulit kering

 

Rintik Skincare - Stretchmark Cream
Rintik Skincare - Stretchmark Cream

 

Kandungan Produk

Kandungan Utama:

  1. Stem Cell Infused: membantu kulit jadi lebih elastis saat mengalami peregangan
  2. Centella Asiatica: membantu mencegah munculnya stretchmark baru
  3. Shea Butter: membuat kulit jadi ekstra lembab & terhidrasi
  4. Coconut Oil: membantu meningkatkan produksi kolagen & mengunci kelembaban secara maksimal

Kandungan Lengkap:

Aqua, Glycerin, Cetearyl alcohol, Dimethicone, Glyceryl stearate, Isopropyl myristate, Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Petrolatum, Cocoa Nucifera (Coconut) Oil, Fragrances, Panthenol, Carbomer, Persea gratissima fruit extract, BHT, Disodium EDTA, Triethanolamine, Tocopheryl Acetate, Centella asiatica leaf extract, Butylene glycol, Potassium Sorbate, Citric Acid, 1,2-hexanediol, Oryza sativa bran oil, Astragalus membranaceus root extract, Hydrolyzed codonopis pilosula root extract, Malus Domestica Fruit Cell Culture Extract, Hyaluronic acid, Sodium Benzoate, Phenoxyethanol, Xanthan gum, Lecithin.

Stretchmark Cream ini memiliki karakter humektan, emolien, dan oklusif.

  1. Humektan: menarik air ke lapisan dermis untuk melembabkan kulit secara maksimal
  2. Emolient: kandungan emolient yang terdapat dalam shea butter mengisi rongga sel kulit yang kosong, menjaganya agar tetap lembab dan efeknya kulit akan terasa lebih lembut, kenyal, dan terhidrasi
  3. Oklusif: mengunci kelembapan dan mencegah terjadinya penguapan air pada lapisan epidermis kulit 

 

Cara Pemakaian

Untuk mengurangi munculnya stretchmark selama kehamilan, oleskan dan pijat secara lembut dengan gerakan memutar di area perut, paha, lengan, dan bagian tubuh yang rentan muncul stretchmark. Gunakan sesering mungkin sejak trimester awal supaya kulit makin lembap dan terhidrasi dengan maksimal minimal 2x sehari.

 

Review

Area stretchmark yang paling kentara di badan aku itu bagian bok*ng, jadi selama hampir satu bulan ini aku menggunakan produk Stretchmark Cream di area tersebut. Karena untuk menghilangkan stretchmark butuh waktu yang lama dan butuh treatment khusus kalau mau cepat, jadi ekspektasiku saat memakai produk ini sebatas ingin kulit jadi lembap dan tidak ada muncul stretchmark baru.

Sebelum menggunakan produk ini, biasanya aku mengaplikasikan eksfoliating toner dan butt cream biasa supaya area tersebut enggak kasar dan tetap lembap. Hampir sebulanan ini, kadang aku pakein Stretchmark Cream aja atau dibarengin sama eksfoliating toner pada malam hari. Selama pemakaian, aku ga merasakan ada efek negatif yang timbul di kuit aku.

Efek instan pemakaian: kulitku terasa lembap dan terhidrasi banget! Mengingat kulit badanku memang sangat kering apalagi di area sana, jadi dengan tekstur cream yang kalau diolesin ke kulit lama-lama ada feel basahnya itu nolong banget di kulitku jadi terasa lebih lembap, halus, dan terhidrasi. Yang aku suka, efek lembutnya ini lumayan tahan lama.

Efek jangka panjang pemakaian: jangka panjang di sini masih aku batasi selama hampir sebulan. Yang aku rasakan, kulitku jadi lebih halus dan lembut. Lembutnya bukan lembut biasa kayak abis pakai lotion tapi lebih ke lembut doff (?).

Next, coba kita compare antara manfaat yang disampaikan oleh produk dengan apa yang aku rasakan:

  1. Memberikan ekstra hidrasi di kulit untuk menjaga keelastisitasan kulit: yes, karena teksturnya yang lama-kelamaan terasa basah saat diaplikasikan ke kulit itu bikin kulit jadi terhidrasi.
  2. Melembapkan kulit secara maksimal sehingga jauh dari kulit kering: betul, kulit lembap maksimal baru terasa apabila kita konsisten menggunakan Stretchmark Cream dan diulang-ulang setiap harinya minimal 2x sehari.
  3. Membantu meningkatkan elastisitas kulit untuk meminimalisir munculnya stretchmark: yes, kulit terasa lebih elastis dan selama penggunaan hampir sebulan ini aku melihat kondisi stretchmark aku ga bertambah.
  4. Membantu menutrisi kulit jadi lebih sehat: maybe. Karena menurutku untuk memastikan kulitku sudah benar-benar ternutrisi dan sehat, perlu cek ke dokter. Akan tetapi, untuk kondisi kulitku saat ini yang tidak sekering sebelumnya dan bisa dikategorikan jadi lebih sehat, tentu iya.
  5. Membantu mengurangi gatal akibat peregangan dan kulit kering: yes. Aku ga merasakan gatal sama sekali akibat kulit keringku di area sana. Pun selama pemakaian aku ga bisa memastikan apakah kulitku mengalami peregangan atau tidak, namun yang pasti aku ga merasakan gatal-gatal sama sekali.


Beli di Mana?

Kamu bisa dapetin Rintik Skincare Stretchmark Cream di shopee: Rintik Skincare Official seharga Rp108.900.


Pros & Cons

Pros: teksturnya bikin kulit jadi lembap, halus, dan lembuutt banget. Finishnya yang agak basah bikin kulit keringku terasa lebih terhidrasi. Selama hampir satu bulan pemakaian, aku ga merasa ada efek negatif di kulitku.

Cons: aku belum menemukan kekurangan produk ini

 

Kamu udah coba Stretchmark Cream dari Rintik Skincare, belum? Boleh share pengalaman kamu juga yah di kolom komentar :D


Sources:
https://spamd.net/stretch-marks-causes/
https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/apa-itu-stretch-mark

2 Comments

  1. Aku telat banget tau produk ini setelah anaknya lahir hahahaha

    BalasHapus
  2. Rintik sekarang ada versi cream juga ya

    BalasHapus

Halo! Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami 😊

Silakan meninggalkan komentar apa saja. Semua komentar yang sudah dikirim akan masuk ke inbox dan akan kami publish sesegera mungkin.

Untuk komentar berupa spam seperti promosi judi online, otomatis akan terhapus.

With love, Radiani 😇